Tuesday 20 December 2016

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 8.1 dengan Rufus

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 8.1 dengan Rufus - Halo gaes, kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat bootable wondows 8.1 menggunakan rufus.

Tak selalu berjalan mulus kadang sistem operasi pada laptop atau PC kita sering mengalami crash dan rusak akibatnya laptop jadi tidak bisa di gunakan dengan maksimal.

Banyak jalan yang bisa kamu lakukan agar laptop kamu bisa kembali berfungsi secara maksimal salah satu caranya yaitu dengan melakukan install ulang windows sendiri.

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 8.1 dengan Rufus

Bisa Instal ulang laptop sendiri memang memang menjadi keterampilan yang cukup diperlukan apalagi jika kamu seorang yang kesehariannya bekerja dengan laptop pasti bakal berguna banget memiliki keterampilan tersebut.

Menginstall ulang laptop dengan sistem operasi windows 8.1 tentu kita membutuhkan bootable atau installernya, bootable tersebut bisa berupa cd, dvd atau usb drive (flashdisk), nah jika kamu belum punya kamu bisa membuatnya sendiri, jika kamu belum tahu cara membuatnya kamu bisa mengikuti panduan nya berikut ini.

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 8.1 Menggunakan Rufus

Untuk membuat bootable windows 8.1 di flasdisk pertama tentu kamu harus menyediakan terlebih dahulu file iso windows 8.1, jika belum punya kamu bisa mendownloadnya melalui official website microsoft.

Selain file iso kamu juga harus menyediakan tool nya yaitu Rufus, jika kamu belum punya silahkan download terlebih dahulu melalui link tautan berikut.

Download Rufus

Baik, jika semua sudah siap, untuk membuat bootable windows 8.1 dengan rufus kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

#1. Pastikan flashdisk yang telah diformat sudah terpasang di komputer

#2. Jalankan tools Rufus yang kamu download tadi dengan dengan klik 2.


Keterngan
Device (1) : pilih flashdisk yang akan digunakan untuk flashdisk bootable
Pastition Schema and Targer System Type (2) : pilih MBR partition schema for BIOS or UEFI
File System (3) : Pilih NTFS
Cluster Size : Pilih default aja

#3. Kemudian selanjutnya buka dan pilih file iso windows 8.1 caranya klik pada gambar seperti CD (4) lalu pilih Open.

#4. Setelah file ISO dipilih silahkan klik "start" (5).

#5. Selanjutnya akan muncul WARNING atau peringantan lalu klik saja "OK", kemudian silahkan tunggu proses hingga selesai dan mungkin akan membutuhkan proses yang lumayan lama

#6. Jika sudah tampak seperti gambar seperti di bawah ini, berarti proses sudah selesai, silahkan tekan tombol "close" untuk mengakhiri.

Selesai, bootable flashdisk sudah bisa kamu gunakan untuk menginstal windows 8.1 di laptop atau PC kamu. Demikai tutorial dari saya tentang cara membuat bootable flashdisk windows 8.1 dengan rufus, Semoga jelas dan bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 8.1 dengan Rufus"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.