Wednesday 23 November 2016

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Tanpa Root di Android

Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SD Card Tanpa Root - Seiring bertambahnya waktu penggunaan, data-data pada Android akan semakin banyak dan menumpuk, hal tersebut juga turut terjadi pada cache data dan data aplikasi-aplikasi yang kita sering gunakan di Android.

Beruntung jika Android kamu memiliki memori internal yang besar, menyimpan data yang banyak pun tidak akan jadi masalah, namun celakanya jika kamu memiliki Android dengan memori internal yang kecil, tentu ini akan menjadi masalah yang serius.

Alhasil dengan keterbatasan tersebut, mau tidak mau kamu harus harus pintar-pintar memanajemen penyimpanan di memori internal tersebut. Salah satu caranya mungkin dengan rajin-rajin memindahkan data-data tersebut ke perangkat penyimpanan lain atau juga bisa dengan menghapus beberapa file dan data yang tidak penting.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Tanpa Root di Android

Memindahkan data-data seperti foto dan video ke perangkat penyimpanan lain mungkin tidak akan ada masalah, namun akan menjadi masalah jika yang kamu pindahkan adalah data-data dari aplikasi yang sering kamu gunakan, misalnya aplikasi game.

Dengan memindahkan atau menghapus data aplikasi game tersebut, tentunya juga akan menghapus semua data game tersebut, termasuk rekaman data seperti lavel yang pernah kamu lalui, poin bintang yang pernah kamu dapatkan pada game tersebut dan mungkin masih banyak lagi. Nah tentunya itu akan menjadi masalah bukan.

Solusi lain yang mungkin bisa kamu gunakan yaitu dengan menambahkan memori eksternal, kemudian memindahkan data-data aplikasi tersebut ke memori eksternal tersebut, dengan begitu kamu tidak perlu kehilangan data aplikasi tersebut.

Namun dengan solusi ini, mungkin kamu akan mendapati beberapa masalah baru, yaitu : tidak semua aplikasi, datanya dapat di pindahkan ke SD card, oleh karena itu, beberapa orang memilih mengatasinya dengan melakukan rooting untuk mendapatkan akses root, dengan mendapatkan akses root tersebut akan memungkinkan pengguna dapat memodifikasi sistem, sehingga data dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat di pindahkan ke SD card sepenuhnya.

Namun disini tidak semua pengguna Android mau perangkat Android nya di root, mungkin dengan alasan sistem jadi cepat rusak, garansi hilang dan sebagainya, mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini juga berfikir demikian.

Nah untuk kamu yang tidak mau menggunakan cara root, pada ulasan ini saya akan memberikan cara-cara jitu yang lebih aman untuk memindahkan data aplikasi ke sd card tanpa melakukan rooting, sehingga kamu tidak perlu melakukan root pada perangkat Android kamu.

Pada artikel ini saya akan memberikan 3 cara memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root, mulai dari cara yang basic, sampai dengan cara menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Lebih lengkapnya silahkan kamu simak ulasan berikut.

Cara Memindahkan Data Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root Part #1

Dengan cara ini kamu tidak perlu melakukan trik apapun, kamu hanya perlu memindahkan aplikasi ke sd card dengan cara basic saja, namun mungkin di cara ini tidak semua aplikasi bisa kamu pindah datanya ke sd card, untuk itu kamu bisa mengikuti cara yang selanjutnya.

Pertama masuk ke menu Setting > Manage Application > Pilih Aplikasi yang akan kamu pindahkan ke sd card > kemudian tekan "Move to SD Card".

Itu di cara basic untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori, cukup mudah memang, namun di sini tidak semua aplikasi bisa kamu pindahkan ke sd card, karena memang pengembang aplikasi tidak memberikan akses untuk itu, dan bisanya akan di tandai tombol "move to sd card" yang disable.

Cara Memindahkan Data Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root Part #2

Degan cara part 1 ini kita akan memanfaatkan perangkat lunak pihak ketiga , dan laptop sebagai media, langsung saja siapkan terlebih dahulu alat-alatnya.

Syarat dan Bahan Yang di Perlukan :
  1. Laptop
  2. Perangkat Lunak MovetoSD.bat [download disini]
  3. Kabel USB dan USB driver yang telah terinstal (jika di perlukan).
  4. Aktifkan terlebih dahulu Mode USB Debuging, caranya masuk menu Setting > About Phone > tekan hingga beberapa kali pada "Build Number" hingga muncul "mode pengembang telah di aktifkan". Setelah itu, masuk menu Setting > Developer Option > Beri centang pada "USB Debuging".
Langkah-langkah Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card
  1. Hubungkan perangkat Android kamu ke Laptop atau PC yang telah terinstal USB Driver (jika di perlukan) menggunakan kabel USB (kalau bisa kabel usb bawaan perangkat Android).
  2. Setelah terhubung dan tidak ada masalah apapun, ekstrak MoveToSD.zip dan jalankan file MoveToSD.bat yang ada di dalamnya, kemudian akan muncul jendela CMD, tunggu saja prosesnya hingga selesai.
  3. Jika proses telah selesai, coba kamu buka menu Setting > Manage Application > pilih Aplikai yang ingin kamu pindahkan ke SD Card > kemudian tekan tombol "Move To SD Card".
Apakah sudah bekerja?, jika sudah berarti langkah di atas telah berhasil kamu lakukan, namun jika belum, silahkan kamu coba pada cara selanjutnya.

Cara Memindahkan Data Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root Part #3

Tag : cara memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root, cara memindahkan aplikasi ke kartu sd, memindahkan aplikasi ke sd card, cara memindahkan aplikasi ke sd card

0 Response to "Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Tanpa Root di Android"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.