Monday 17 October 2016

Trik Jitu Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Trik Jitu Cara Mempercepat Koneksi Internet Android - Koneksi internet Android yang cepat merupakan impian semua pengguna perangkat smartphone tak terkecuali pengguna perangkat Android.

Memiliki koneksi internet yang cepat pasti akan membuat kita semakin nyaman saat menggunakan perangkat Android, mulai dari downdload, online gaming sampai dengan browsing pun akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Namun mungkin tidak untuk Kamu, Kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin sedang bermasalah dengan koneksi internet di android, oleh sebab itu kamu coba mencari solusi bagaimana cara mempercepat koneksi internet Android yang lemot.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Untungnya disini kamu berlabuh pada blog yang tepat, di mana pada ulasan ini saya akan coba memberikan tips untuk kamu tentang bagaimana cara mempercepat koneksi internet Android, mari kita simak bersama-sama.

Jangan terburu-buru, di sini saya akan terlebih dahulu bercerita sedikit tentang internet. Tak bisa di pungkiri kecepatan internet di Indonesia masih tergolong buruk, bahkan beberapa penelitian membuktikan jika Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan koneksi internet paling buruk di dunia.

Jika benar begitu sangat miris bukan, mengingat Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbesar di dunia harusnya pada bidang ini juga di dukung dengan kualitas internet yang bagus.

Baca Juga

Kembali ke topik awal, tentang cara mengatasi koneksi internet Android yang lemot, sebetulnya kita bisa menyiasatinya dengan cara-cara yang sederhana. Tak perlu instal ini dan itu, di sini kamu hanya perlu settingan yang pas agar performa internet kamu dapat lebih cepat dari sebelumnya. Langsung saja berikut caranya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas internet di Android, salah satu yang paling utama adalah provider serta kualitas jaringan yang tersedia. Jika semuanya dalam keadaan baik, pasti koneksi internet kamu juga akan ikut bagus.

Namun jika tidak demikian mungkin ada yang salah mengenai sistem di Android kamu, bisa itu stelan yang kurang pas, atau sumber daya internet di gunakan oleh aplikasi yang dominan hingga yang lain nggak kebagian bandwidth atau juga bisa yang lainnya. Langsung saja berikut cara mempercepat internet Android yang lemot.

1. Kenali Jaringan Internet Provider Yang Paling Bagus di Daerah Tersebut

Cara basic yang pertama ini sangat sederhana namun sangat berpengaruh sekali untuk kecepatan koneksi internet Android kamu, di sini kamu harus mengenali provider apa si yang jaringan internet nya paling stabil di area tersebut.

Untuk tahu hal tersebut kamu hanya perlu mengetahuinya dengan cara yang sederhana yaitu dengan melihat indikator sinyal di perangkat Android kamu.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Jaringan internet yang paling cepat saat ini adalah 4G LTE namun akan tidak cepat jika kualitas jaringan tersebut itu kurang bagus.

Misal di area tersebut dari sekala 1-5 indikator sinyal menunjukan jaringan 4G memiliki kualitas 1, sebetulnya dengan itu kamu tetap bisa menggunakan internet, namun dengan kualitas tersebut yang di hasilkan malah koneksi internet Android yang lemot.

Di tambah lagi peralihan antara 3G-4G atau sebaliknya membuat hp Android kamu jadi terus melakukan searching jaringan dengan kualitas terbaik yang ada di area tersebut, dan yang terjadi adalah internet lemot serta error network juga tak jarang bakal kita jumpai.

Nah untuk itu coba deh kamu kenali terlebih dahulu provider apa yang kualitas jaringan  nya paling bagus di area tempat kamu tinggal.

2. Pilih Paket Internet Yang Cepat

Masalah dasar ini juga sangat berpengaruh untuk kecepatan Android  kamu, beberapa provider kadang membagi paket internet nya berdasarkan jaringan yang di gunakan, misal paket 2G, 3G dan 4G itu di bedakan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android
source image : jalantikus.com

Nah terkait dengan poin 1, setelah kamu berhasil mengenali jaringan apa yang bagus di area tersebut tentunya kamu juga harus menggunakan paket data yang sesuai.

Misal jika jaringan provider yang memiliki kualitas bagus di area tersebut adalah 3G maka pakailah paket internet 3G. Semoga jelas.

Oh iya sebagai catatan, mengenai jaringan internet ini kamu harus sesuaikan dengan Android yang kamu miliki, pastikan di sini Android kamu juga support untuk jaringan-jaringan internet tersebut.

3. Terapkan Pengaturan Jaringan Yang Pas

Masalah eksternal sudah kita kenali, sekarang kita masuk ke perangkat Android kamu. Pengaturan yang pas juga turut berperan untuk mempercepat internet Android  kamu,  masih berhubungan dengan poin satu dan poin dua, di sini kamu perlu menerapkan setelan jaringan yang kamu sesuaikan dengan poin-poin tersebut.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Misal jika kualitas jaringan dan jenis paketan internet kamu adalah untuk jaringan 3G maka terapkan juga pada setelan di Android kamu, caranya masuk ke Pengaturan > Lainya > Setelan Jaringan > Jenis jaringan yang dipilih > 3G.

Atau jika kamu juga bisa mengaturnya hanya bekerja untuk jaringan 3G saja, untuk mengaturnya kamu cukup dial/panggil kode ini *#*#4636#*#* di android kamu kemudian pilih WCDMA Only.

4. Batasi Penggunaan Data Seluler di Latar Belakang

Sebetulnya langkah ini opsional, dengan memalukan langkah ini, mungkin aplikasi  jadi tidak berfungsi secara optimal, seperti aplikasi facebook, BBM dan aplikasi social messaging lainnya ini akan tidak berfungsi secara optimal jika membatasi penggunaan data seluler.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Fitur-fitur seperti real-time notifikasi pesan masuk, mungkin akan sedikit terlambat dan bahkan hanya muncul ketika kamu membuka aplikasi tersebut. Untuk itu lakukan langkah ini pada aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu kamu butuhkan.

Atau langkah ini bisa kamu lakukan pada aplikasi-aplikasi yang sama sekali tidak kamu gunaan seperti pada aplikasi bawaan vendor mungkin.

5. Gunakan Browser Yang Ringan dan Cepat

Tambahan saja untuk mendapatkan kenyamanan saat aktivitas browsing menggunakan browser yang tepat juga perlu kamu lakukan.

Ada beberapa pilihan browser yang cukup ringan dan cepat rekomendasi DroidTren adalah Opera Mini dan Google Chrome, kedua browser tersebut memiliki performa yang sangat bagus serta cukup ringan untuk di gunakan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Ada pula beberapa fitur penting yang menunjang efisiensi penggunaan data seluler sehingga dengan browser ini kamu bisa lebih hemat kuota, jika masih kurang ada juga mode hemat data yang memungkinkan kamu dapat browsing namun tetap hemat kuota data.

Kenapa bisa hemat, karena cara kerja browser-browser ini menggunakan metode kompresi yang memungkinkan laman yang di kirim ke browser telah memiliki ukuran yang kecil.

Jadi sebelum laman web yang akan kamu buka di tampilkan ke browser Android kamu, browser melakukan kompresi laman web tersebut pada server mereka hingga memiliki ukuran yang kecil.

Lalu setelah itu laman yang telah terkompresi tersebut akan di kirim ke Android kamu untuk di render kemudian di tampilkan ke browser kamu.

Baca Juga

Nah itulah tips dari saya tentang cara mempercepat internet Android yang lemot, semoga jelas dan bermanfaat, jika ada sanggahan atau pertanyaan silahkan kamu tuliskan di kolom komentar.

Key : cara mempercepat internet, cara mempercepat internet android, cara menstabilkan koneksi internet

2 Responses to "Trik Jitu Cara Mempercepat Koneksi Internet Android"

  1. Untuk membuat internet cepat dengan hp android biasa apa bisa di upgrade jaringannya ke 4G.. Jika bisa menggunakan aplikasi apa yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. upgrade jaringan ke 4G bisa di lakukan jika perangkat androidnya memang udah mendukung jaringan 4g, untuk upgrade pertama pastikan di daerah mbaknya udah mendukung sinyal 4G, kedua upgrade kartu provider ke 4G caranya mbak bisa langsung datang ke tempat service providernya.

      Semoga bermanfaat

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.