Wednesday 19 October 2016

Cara Reset Ulang Android Yang Aman

Cara Reset Ulang Android Yang Aman - Reset ulang Android adalah langkah yang di lakukan pada perangkat Android untuk mengembalikannya pada pengaturan awal pabrik seperti pada saat baru, hal tersebut juga biasa kita kenal dengan sebutan factory reset.

Mereset ulag hp Android biasanya dilakukan karena beberapa alasan seperti perangkat Android yang akan di jual sehingga harus di kembalikan ke pengaturan awal pabrik atau sebagai cara mengatasi masalah pada Android seperti kerusakan sistem dan sebagainya.

Mereset ulang Android berarti juga menghapus semua data-data yang ada di smartphone Android tersebut dan mengembalikannya pada pengaturan pabrik seperti pada saat baru.

Cara Reset Android Yang Aman

Oleh karena itu, cara reset android ini biasanya di ambil sebagai langkah akhir jika sistem Android sudah tidak bisa bekerja dengan semestinya lagi, sehingga factory reset ini lah jalan terakhir yang bisa di lakukan.

Baca Juga

Untuk cara reset Android ini cukuplah mudah, kamu bisa melakukannya melalui pengaturan sistem Android, Recovery Mode atau kamu juga bisa melalui cara mengetik kode-kode rahasia.

Cara Reset Android Melalui Pengaturan Sistem

Untuk cara pertama yaitu melalui pengaturan sistem Android. Oh iya, karena mereset ulang Android kamu akan menghapus semua data-data kamu termasuk foto, video atau file-file yang kamu simpan.

Maka sangat di sarankan agar data-data tersebut tidak hilang kamu harus mem-backup nya terlebih dahulu. Jika sudah, berikut caranya.
  1. Masuk ke menu Setting/Pengaturan
  2. Scroll kebawah dan temukan menu "Backup & Reset".
  3. Kemudian pilih "Factory data reset" 
  4. Beri check-list jika di butuhkan, kemudian pilih "Reset Device".
  5. Kemudian proses reset akan berlangsung hingga selesai sekitar 5-10, tunggu hingga pross reset selesai jangan di ganggu.
  6. Setelah selesai, Android kamu akan restart secara otomatis.
  7. Selesai, sekarang sistem Android kamu kembali seperti baru lagi.
  8. Saran, untuk pemakaian selanjutnya, cobalah untuk tidak memasang sembarang aplikasi, apalagi aplikasi dari pengembang tidak resmi.

Cara Reset Android Melalui Recovery Mode

Kemudian cara yang kedua adalah dengan melalui recovery mode. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh jika cara melalui pengaturan sistem tidak memungkinkan lagi karena bootloop misalnya. nah dengan cara melalui recovery mode ini factory reset tetap bisa kamu lakukan.

Tak hanya pada kondisi bootlop saja, mereset ulang Android melalui recovery mode ini juga sangat berguna ketika Android kamu sedang mendapati masalah-masalah seperti berikut.
  • Perangkat Android tidak merespon perintah, seperti contoh layar touchscreen tiba-tiba tidak dapat merespon
  • Lupa kode keamanan (Pin) atau pola kunci, maka jalan satu-satunya adalah mereset melalui recovery mode.
  • Kerusakan sistem, sehingga menyebabkan Android macet/hang atau error, seperti contoh kamera tidak dapat berfungsi dll.
Jika Android kamu mengalami masalah-malah di atas, mungkin cara ini adalah cara paling ampuh. baiklah, langsung saja berikut ini cara reset Android melalui recovery mode.
  1. Sebagai persiapan, pastikan Android kamu memiliki persentase baterai lebih dari 70% untuk, agar saat proses reset berjalan Android kamu tidak tiba-tiba mati karena drop.
  2. Kemudian, langkah selanjunya matikan perangkat Android kamu.
  3. Setelah Android dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan hingga muncul menu recovery  mode.
  4. Karena pada recovery mode touchscreen tidak akan berfungsi, gunakan Volume Up untuk me-navigasi dan memilih menu “factory reset / wipe data”.
  5. Kemudian tekan tombol home untuk memulai proses reset.
  6. Kemudian sistem akan mempersiapkan proses reset, tunggu hingga beberapa saat.
  7. Lalu setelah selesai pilih menu "Reboot System Now".
  8. Kemudian proses reset akan berlangsung sedikit lama, tunggu hingga proses reset selesai dan jangan di ganggu.
Pada recovery mode ini, proses reset bisa lebih efektif, layaknya BIOS pada komputer, di recovery mode ini kamu bisa mengakses menu sistem dasar di Android.

Oh iya, untuk dapat masuk ke Recovery Mode cara yang di gunakan berbeda-beda tergantung pada vendor pembuatnya, Nah untuk itu guna melengkapi panduan ini,  saya akan memberikan list cara reset Android melalui recovery mode berdasarkan vendor dan tipe perangkat smartphone di bawah ini.

Cara Masuk Recovery Mode Semua Merk Smartphone

Untuk dapat masuk ke recovery mode setiap vendor dan tipe smartphone memang akan berbeda, untuk itu langsung saja berikut ini cara masuk recovery mode untuk semua merk dan tipe smartphone Android.
Sumber : helodroid.com

ACER
Acer BeTouch E210 dan Acer Liquid Metal :
  • Tekan Tombol Volume Down + Camera + Power Secara bersamaan > Ikuti petunjuk yang ada di layar
ADVAN
Advan T1c :
  • Tekan tombol POWER, setelah mulai start-up, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol HOME untuk masuk ke recovery mode. Bila tombol HOME tidak berfungsi, coba tekan tombol MENU.
CROSS
Cross A1 Tabmate :
  • Tekan dan tahan tombol Vol Down lalu tekan tombol POWER (keduanya jangan dilepas sampai masuk recovery mode)
Cross AD350 :
  • Tekan tombol HOME + Volume Down + Tekan tombol Power > akan muncul tanda /!\ > tekan tombol HOME
Cross A6T TabMate :
  • Tekan Tombol Home + Volume Up + Tombol Power
CSL
Blueberry CSL Mi 410 :
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan > setelah itu tekan tombol HOME
Blueberry CSL Mi 320 :
  • Tekan Trackpad + tombol Volume Up + Power bersamaan
HUAWEI
Huawei X3 dan X5 :
  • Tekan dan tahan tombol vol up + tombol Power
Huawei S7 :
  • Tekan tombol MENU + Call + Power
Ideos C8150 (AHA Touch) :
  • Tekan tombol Call + Volume Up + Tombol Power
IMO
IMO Tab Z5 :
  • Tekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan > saat ada tampilan IMO, lepas tombol Power (Tombol Volume tetap ditahan).
IVIO
IVIO DE88 :
  • Tekan dan tahan Tombol Camera + Tombol HOME > tunggu hingga muncul logo Android, langsung tekan tombol MENU+BACK bersamaan. Navigasi menggunakan tombol Volume, untuk memilh atau OK gunakan tombol Camera.
LG
LG L3 E400 :
  • Tekan Tombol Tengah + Volume Atas + Tombol Power > tunggu sampai muncul logo LG , lepas tombol power.
Cara Hard Reset LG L3 E400 :
  • Tekan Tombol Tengah + Volume Bawah + Tombol Power, setelah bergetar dan keluar logo LG , lepas tombol power > tunggu beberapa saat.
SAMSUNG
Samsung Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy Gio dan Galaxy Fit :
  • Tekan tombol Home(tengah) + Power, tunggu sampai muncul logo Samsung.
Samsung Galaxy 551 :
  • Tekan tombol huruf T + tombol Power. Untuk navigasi atas bawah dapat menggunakan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan menggunakan tombol Shift.
Samsung Galaxy Pro :
  • Tekan tombol T + Tombol Power.
Samsung Galaxy Y (Young) GSM :
  • Tekan tombol Vol Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.
Samsung Galaxy Y (Young) CDM A :
  • Matikan HP > Tekan tombol Power, saat muncul logo Samsung > tekan tombol VOL UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone menyala normal masuk ke menu seperti biasa, matikan handphone lagi dan ulangi proses dari awal.
Samsung Galaxy W (Wonder) :
  • Tekan tombol Volume Up + Tombol HOME (tombol tengah) + Tombol Power secara bersamaan > tunggu sampai keluar logo Samsung, lalu tekan tombol MENU (tombol sebelah kiri dari tombol HOME).
Samsung Galaxy Tab 7? (P1000) / Tab 7 Plus (P6200) :
  • Matikan Tablet lalu Tekan tombol Volume UP + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala.
Samsung Galaxy Note N7000 :
  • Tekan tombol Volume UP+Home+Power > tunggu sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah itu lepas ketiga tombol tersebut.
PERINGATAN! : Bagi Anda yang menggunakan Galaxy Note dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0.x, sebaiknya jangan melakukan factory reset karena ROM ini menurut beberapa pengguna memiliki bug yang dapat merusak HP.
Samsung Galaxy Mini II S6500 :
  • Tekan tombol Volume up+ Volume down + Tombol Home + Tombol Power secara bersamaan.
Samsung Galaxy Chat GT-B5330 :
  • Tekan tombol Volume Down + Home + Power.
Samsung Galaxy Ace Plus :
  • Tekan tombol Vol UP + Vol Down + Tombol HOME bersamaan lalu selagi ketiga tombol tsb ditekan, tekan tombol POWER lalu langsung dilepas (jgn ditahan). Tunggu sampai masuk menu recovery baru lepas semua tombol.
SMARTFREN 
Andromax :
  • Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down. Bila sukses masuk ke recovery mode, gunakan tombol Vol UP/Down untuk memilih menu. Utk melakukan pilihan, tekan tombol MENU yang terletak di sebelah tombol HOME atau tombol touch screen yg bergaris 4.
Tabulet Sparta :
  • Dalam keadaan perangkat terhubung dengan charger, tekan tombol Power + Volume Up + Vol Down.
TOM i20 :
  • Tekan tombol Volume up + Power secara bersamaan
Semoga jelas dan bermanfaat, jika ada pertanyaan atau sanggahan silahkan kamu tuliskan di kolom komentar.

Tag : cara reset android, cara mereset android, cara reset ulang android, cara merestart hp samsung, cara me reboot android, cara recovery android

0 Response to "Cara Reset Ulang Android Yang Aman"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pada artikel di atas. Dengan ketentuan di larang Menyisipkan Link pada komentar, Berkomentar dengan berlebihan atau SPAM, Promosi dan sebagainya.